Halooo holaa ..
Akhirnya setelah sekian lama, gw
baru berkunjung di blog ini lagi .. mihihihihi
Biasaa lahhh, nulisnya mah gampang,
ngumpulin niatnya itu yang susahh hahahaha
Atas permintaan beberapa orang,
beberapa pihak, yang menyuruh gw untuk melanjutkan menulis di blog ini lagi,
yaa walopun orang-orang itu sendiri adalah adek2 gw, sodara2 gw, temen2 gw,
fans2 gw .. hahahaha *yang terakhir boongan kok* hahahaha *disambit*
Padahal rata2 isi dari blog gw ini
kan kisah keseharian gw yang kalo di perhatikan dengan seksama, lebih banyak
apes nya daripada untungnya.. siallll
berarti pada seneng yaaa ngeliat gw apesss *lari ke hutan*
Oke okeee, kali ini gw mau ngbahas
keseharian belakangan ini aja dehh, its about commuter line .. yapp karena
sekarang gw bekerja di kantor yang terletak di daerah tanah abang, dengan rumah
gw yang di bekasi, so pastii gw memilih moda transportasi ini, karena cepat dan
gak akan terkena macet dong yeee..
Tapi tapiiiiiii, ada banyak juga
nih kekurangan dari commline itu, :
Yang pertama, penuhnyaa
naudzubillah, herannnnnn sungguh herann, itu keretanya yang sedikit apa
penumpangnya yaa yang banyaknya amit amit .. mau naik commline tuh kudu
gencet-gencetan, desek-desekan, sikut-sikutan, injek-injekan.. mau naik aja
susahhh, rebutan dulu .. di dalemnya juga susah gerak, susah napas, susah
napak, begitu keluar juga susahh, mesti rebutan lagiii .. huhhhhh .. intinya
naik commline saat peak hours itu sungguh butuh ekstra tenaga dan kesabaran ..
*pukpuk diri sendiri*
Yang kedua, harus sering-sering
ngalah sama kereta jarak jauh.. meskipun musim mudik lebaran sudah lewat,
kereta jarak jauh juga masih banyak lohh yang berkeliaran di jalur
jabodetabek.. ditahannya kadang gak kira-kira, bias 15-60menit .. biasanya itu
terjadi saat memasuki stasiun-stasiun besar/stasiun transit, seperti manggarai, jatinegara .. KRL ditahan
tuh, gak dapat sinyal masuk, aliass harus antriiiiii …
Yang ketiga, gangguan-gangguan yang
tidak diharapkan tetapi seringkali terjadi disaat peak hours, entah ada kereta
yang mogok, biasanya kereta ekonomi tuh, yang bentuk en cat gerbongnya udah gak
keruan .. yang kedua gangguan persinyalan, yang ketiga pemadaman listrik ..
kalo yang ketiga sih jarang kejadian, palingan kalo ada musibah kebakaran yg
lokasi nya gak jauh dr stasiun, pasti akan ada pemadaman listrik yang berdampak
kacaunya jadwal kedatangan KRL ..
Yang terakhir, ini sih biasanya
terjadi pas musim mudik lebaran.. stasiun-stasiun terutama stasiun senen,
gambir, tanah abang, bekasi, jatinegara .. bakal dipenuhi sama
pemudik-pemudik.. malah dikeluarkan kebijakan (entah pantes atau gak dibilang
kebijakan) khusus lebaran, KRL tidak berhenti di stasiun senen dan gambir alias
melintas langsung .. alasaannya sih simple aja, pihak PT KA ingin menerapkan system
boarding pass .. tapi hal ini sangat merugikan pihak-pihak yang terbiasa turun
dan naik dari kedua stasiun tersebut .. keluhan mereka pun beragam, dari mulai efisiensi
waktu sampai masalah ongkos yang membengkak (karena mereka harus turun di
stasiun sebelumnya, dan menyambung lagi dengan ojek ataupun bajaj, sialnya para
tukang ojek dan bajaj memanfaatkan kesempatan ini untuk mematok tariff yang gak
wajar).. awalnya kebijakan tersebut
hanya sampai akhir agustus, tetapi entah kenapa diperpanjang sampai akhir September
.. huaaahhhh *rame-rame tiduran direl* …
Dan satu lagi, kita para pengguna
KRL terutama commline, sangat tidak setuju dengan kenaikan tariff sebesar 2000
rupiah mulai bulan oktober .. hadehhhhh pelayanan aja masih kurang memuaskan,
,malah mau naikin tariff .. piye tooohhhhh-----
Sebagai pengguna tetap commline, gw
punya beberapa pengalaman yang cukup hmmm ngselin kali yaaa …
Saking banyaknya gw jadi bingung
nih mau cerita yang mana, random aja kali yaaa, yang paling gw inget hehe ..
Awal gw naik kereta, masih linglung
gak jelas gitu .. udah vakum setaun dari dunia perkeretaan, semenjak lulus dari
ipb,.. oia dulu sama sekarang ada yang
beda, dulu itu ada 2 jenis kereta yakni kereta AC ekonomi sama Pakuan Express,
adapun perbedaan dari kedua jenis kereta tersebut, AC Ekonomi dengan harga
lumayan terjangkau Rp.5.500 untuk rute Jakot-Bogor dan Rp.4.500 untuk rute
Jakot-Bekasi, kereta AC Ekonomi berhenti di tiap stasiun, berbeda dengan kereta
Pakuan Express dengan harga yang cukup menguras kantong Rp.11.000 untuk rute
Jakot-Bogor dan Rp.9.000 untuk rute Jakot-Bekasi.. kelebihan kereta Pakuan ini,
tidak berhenti di tiap stasiun, jadi hanya stasiun tertentu saja seperti Depok,
Gondangdia, Juanda,Gambir, (untuk rute Jakot-Bogor) .. otomatis hanya berhenti
di beberapa stasiun, estimasi waktu yang ditempuh jadi semakin cepat ^^--- jadi
kangen kereta Pakuan Express ..
Katanya sih, buat ngantisipasi agar
KRL headway dr stasiun ke stasiun tidak terlalu lama, maka dibuatlah system baru,
kereta Pakuan Express dihapus lalu kereta AC Ekonomi dig anti menjadi Commuter
Line, dengan tariff flat Rp.6000 (sudah di subsidi) berhenti di tiap stasiun ..
tentunya dengan peraturan baru ini ada pihak yang kecewa, yang terbiasa naik
pakuan pasti jadi senewen dehh bermuram durja, hohoho .. dan memang semenjak di
terapkan Commuter Line, headway hanya 10-15menit saja ^^
Gak lama setelah ada commuter line,
dibuatlah peraturan baru lagi, yaitu Loop Line Sistem .. gak ngerti juga Loop
Line itu spesifiknya gimana, yang jelas kereta dari bekasi itu yang tadinya ada
jurusan tanah abang, jakot via pasar senen dan jakot via manggarai .. sekarang
hanya jakot via manggarai, so yang mau ke tanah abang mesti transit di
manggarai, yang mau ke pasar senen transit ke jatinegara .. nahh gw termasuk
salah satu penumpang yang kecewa nihh .. karena sekarang mau ke tanah abang
mesti mampir dulu ke MRT alias (Manggarai Ruwet Transit) -____-
Nahh lo, ini gw kapan ceritanya
yaaaa, hahaha … udah capek ngetik duluan ..
Jujur yaaa, gw sangat berterima
kasih lo, ada gerbong khusus wanita, jadi gak kecampur aduk deh sama kaum
laki-laki yang rata-rata pasukan barbar .., kenapa gw bilang gituu .. karena
laki-laki itu pasti yaaa (yang kerja kantoran) pake sepatu pantofel, tas polo
yg digemblok di depan, gedenya gak karuan, keras pulaaa .. nah sedangkan gw, Cuma
pake sandal jepit ato gak flat shoes (yakali gw naik KRL pake heels, bias copot
nih betis haha), tas juga Cuma tas selempang ato gak tas tenteng itu ..
kebayang dong pas rebutan naik, kaki gw keinjek , badan ke dorong-dorong
pulaaa, belom lagi kalo sikutnya ikutan maen, heuuhhh.. udah di dalem aja yaaa,
karena mereka tinggi-tinggi nah gw kurang tinggi, udah aja gitu O2 di sedot
mereka semua, sesak napas asliiii …
Emang sih kalo ngomongin KRL gada
abisnya, entah udah berapa kali gw ngoceh-ngoceh di twitter, tetep aja selalu
ngeselin .. (hehe udah tau ngeselin masih naik jugaa yee, abis gmana dong gada
opsi lain sih) ..
Paling apess kalo dapet mojok deket
pintu, udah dehh jadi dendengg, mejrettt gitu ditiban tiban sama yang belakang
.. pas mau keluar, karena gw depan pintu
yaa resiko nyungsep lebih besar, why??? Karena orang-orang belakang itu pada
gak sabaran, pintu belom dibuka aja udah dorong-dorong, jangankan pintu dibuka
deh, kereta belom berhenti aja udah dorong-dorong.. pada mikir gak sihh gw nya
terlalu nempel dipintu trus tau-tau pas kebuka gw bakal gimana ?? huhu … belom
lagi ntar yang mau naik pada mau rebutan masuk .. haduhh emang mesti tahan
banting dehhh …
Lari-larian di peron, nyebrang2
ngasal di rel, itu juga jadi hal yang wajib, apalagi pas mau transit di manggarai,
begitu udah keluar dr comline tanah abang di jalur 5, ituu comline jur bekasi
udah ngetem di jalur 2, berapa rel yang gw sebrangin ???? dan kecerobohan gw
tentu yang lainnya juga, pas nyebrang rel tuh kita gak liat kanan kiri, karena
mata sudah tertuju ke satu tujuan yaitu comline bekasi jalur 2.. suka ngeri
emang kalo pas lagi nyebrang gak ngeh gitu tiba-tiba lewat kereta jarak jauh
yang melintas langsung .. huuu amit amit naudzubillah .. makanya di tiap jalur
pasti ada satgas yang jagain di perlintasan, tujuannya ya itu, ngasih tau kalo
ada kereta lewat ..
Tapi emang suka ngeselin sihh, kalo
comline pindah2 jalur .. sebagai contoh di stasiun tanah abang .. kalo gak
salah ada 6 apa 7 jalur gitu deh .. bentuk dari stasiun tanah abang itu
bertingkat, jadi loket tiket, pintu masuk ada di lantai 2, nah peronnya di
lantai bawah, karena bertingkat gitu, tangga jalur juga bakalan beda/misah ..
jadi tangga yg kanan buat jalur 2 dan 3, nahh tangga berikutnya buat jalur 4
dan 5, dst .. ini ceritanya pas musim mudik lebaran kemaren ..behh stasiun yang
biasanya udah crowded, ini jadi tambah crowded lagi, gara-gara banyak penumpang
kereta jawa udah Menuhin peron aja dengan bawaannya yang segambreng, padahal
mah keretanya masih dimana tauu -____-. Jadi susah lohh, menganggu para
pengguna KRL .. gw biasa naik comline jur depok jam 16.34 .. dan biasa pula
naiknya di jalur 3 .. udah anteng-anteng mejeng nunggu di peron jalur 3,
tiba-tiba ada announce kalo comline depok pindah ke jalur 5, beuhh kompak aja
pd balapan lari, lewatin tangga pindah ke jalur 5 .. yaa kalo mau cepet dan gak
cape muter naik tangga sih, loncat aja dari peron, tapi gw mah ogahhh .. ntar bias
turun gabisa naik lagi haha …
Hmm udah ahh segitu aja, kalo
ngomongin commline mahh bias gak kelar-kelar, jadi novel juga bisa kali, haha..
Ini btw, gw kagak jadi cerita yaaa,
hahaha…
Aduhhh, gak berasa udah jam makan
siang nihh, eike dah capek ngetiknya, mau lanjutin kerjaan lagi .. nanti-nanti
lagi deh disambung kalo malesnya gak kumat hohho
Oia, semua info diatas, CMIIW
yaaa .. ^^
lucu-lucu juga kejadian di kereta..
BalasHapusudh bikin novel ajh
BalasHapusJagoo bngt ceritanya
Hahahhahahaha