Senin, 17 September 2012

After a long time---



Halooo holaa ..

Akhirnya setelah sekian lama, gw baru berkunjung di blog ini lagi .. mihihihihi
Biasaa lahhh, nulisnya mah gampang, ngumpulin niatnya itu yang susahh hahahaha

Atas permintaan beberapa orang, beberapa pihak, yang menyuruh gw untuk melanjutkan menulis di blog ini lagi, yaa walopun orang-orang itu sendiri adalah adek2 gw, sodara2 gw, temen2 gw, fans2 gw .. hahahaha *yang terakhir boongan kok* hahahaha *disambit*

Padahal rata2 isi dari blog gw ini kan kisah keseharian gw yang kalo di perhatikan dengan seksama, lebih banyak apes nya daripada untungnya..  siallll berarti pada seneng yaaa ngeliat gw apesss *lari ke hutan*

Oke okeee, kali ini gw mau ngbahas keseharian belakangan ini aja dehh, its about commuter line .. yapp karena sekarang gw bekerja di kantor yang terletak di daerah tanah abang, dengan rumah gw yang di bekasi, so pastii gw memilih moda transportasi ini, karena cepat dan gak akan terkena macet dong yeee..

Tapi tapiiiiiii, ada banyak juga nih kekurangan dari commline itu, :
Yang pertama, penuhnyaa naudzubillah, herannnnnn sungguh herann, itu keretanya yang sedikit apa penumpangnya yaa yang banyaknya amit amit .. mau naik commline tuh kudu gencet-gencetan, desek-desekan, sikut-sikutan, injek-injekan.. mau naik aja susahhh, rebutan dulu .. di dalemnya juga susah gerak, susah napas, susah napak, begitu keluar juga susahh, mesti rebutan lagiii .. huhhhhh .. intinya naik commline saat peak hours itu sungguh butuh ekstra tenaga dan kesabaran .. *pukpuk diri sendiri*

Yang kedua, harus sering-sering ngalah sama kereta jarak jauh.. meskipun musim mudik lebaran sudah lewat, kereta jarak jauh juga masih banyak lohh yang berkeliaran di jalur jabodetabek.. ditahannya kadang gak kira-kira, bias 15-60menit .. biasanya itu terjadi saat memasuki stasiun-stasiun besar/stasiun transit,  seperti manggarai, jatinegara .. KRL ditahan tuh, gak dapat sinyal masuk, aliass harus antriiiiii …

Yang ketiga, gangguan-gangguan yang tidak diharapkan tetapi seringkali terjadi disaat peak hours, entah ada kereta yang mogok, biasanya kereta ekonomi tuh, yang bentuk en cat gerbongnya udah gak keruan .. yang kedua gangguan persinyalan, yang ketiga pemadaman listrik .. kalo yang ketiga sih jarang kejadian, palingan kalo ada musibah kebakaran yg lokasi nya gak jauh dr stasiun, pasti akan ada pemadaman listrik yang berdampak kacaunya jadwal kedatangan KRL ..

Yang terakhir, ini sih biasanya terjadi pas musim mudik lebaran.. stasiun-stasiun terutama stasiun senen, gambir, tanah abang, bekasi, jatinegara .. bakal dipenuhi sama pemudik-pemudik.. malah dikeluarkan kebijakan (entah pantes atau gak dibilang kebijakan) khusus lebaran, KRL tidak berhenti di stasiun senen dan gambir alias melintas langsung .. alasaannya sih simple aja, pihak PT KA ingin menerapkan system boarding pass .. tapi hal ini sangat merugikan pihak-pihak yang terbiasa turun dan naik dari kedua stasiun tersebut .. keluhan mereka pun beragam, dari mulai efisiensi waktu sampai masalah ongkos yang membengkak (karena mereka harus turun di stasiun sebelumnya, dan menyambung lagi dengan ojek ataupun bajaj, sialnya para tukang ojek dan bajaj memanfaatkan kesempatan ini untuk mematok tariff yang gak wajar)..  awalnya kebijakan tersebut hanya sampai akhir agustus, tetapi entah kenapa diperpanjang sampai akhir September .. huaaahhhh *rame-rame tiduran direl* …

Dan satu lagi, kita para pengguna KRL terutama commline, sangat tidak setuju dengan kenaikan tariff sebesar 2000 rupiah mulai bulan oktober .. hadehhhhh pelayanan aja masih kurang memuaskan, ,malah mau naikin tariff .. piye tooohhhhh-----

Sebagai pengguna tetap commline, gw punya beberapa pengalaman yang cukup hmmm ngselin kali yaaa …

Saking banyaknya gw jadi bingung nih mau cerita yang mana, random aja kali yaaa, yang paling gw inget hehe ..
Awal gw naik kereta, masih linglung gak jelas gitu .. udah vakum setaun dari dunia perkeretaan, semenjak lulus dari ipb,..  oia dulu sama sekarang ada yang beda, dulu itu ada 2 jenis kereta yakni kereta AC ekonomi sama Pakuan Express, adapun perbedaan dari kedua jenis kereta tersebut, AC Ekonomi dengan harga lumayan terjangkau Rp.5.500 untuk rute Jakot-Bogor dan Rp.4.500 untuk rute Jakot-Bekasi, kereta AC Ekonomi berhenti di tiap stasiun, berbeda dengan kereta Pakuan Express dengan harga yang cukup menguras kantong Rp.11.000 untuk rute Jakot-Bogor dan Rp.9.000 untuk rute Jakot-Bekasi.. kelebihan kereta Pakuan ini, tidak berhenti di tiap stasiun, jadi hanya stasiun tertentu saja seperti Depok, Gondangdia, Juanda,Gambir, (untuk rute Jakot-Bogor) .. otomatis hanya berhenti di beberapa stasiun, estimasi waktu yang ditempuh jadi semakin cepat ^^--- jadi kangen kereta Pakuan Express ..

Katanya sih, buat ngantisipasi agar KRL headway dr stasiun ke stasiun tidak terlalu lama, maka dibuatlah system baru, kereta Pakuan Express dihapus lalu kereta AC Ekonomi dig anti menjadi Commuter Line, dengan tariff flat Rp.6000 (sudah di subsidi) berhenti di tiap stasiun .. tentunya dengan peraturan baru ini ada pihak yang kecewa, yang terbiasa naik pakuan pasti jadi senewen dehh bermuram durja, hohoho .. dan memang semenjak di terapkan Commuter Line, headway hanya 10-15menit saja ^^

Gak lama setelah ada commuter line, dibuatlah peraturan baru lagi, yaitu Loop Line Sistem .. gak ngerti juga Loop Line itu spesifiknya gimana, yang jelas kereta dari bekasi itu yang tadinya ada jurusan tanah abang, jakot via pasar senen dan jakot via manggarai .. sekarang hanya jakot via manggarai, so yang mau ke tanah abang mesti transit di manggarai, yang mau ke pasar senen transit ke jatinegara .. nahh gw termasuk salah satu penumpang yang kecewa nihh .. karena sekarang mau ke tanah abang mesti mampir dulu ke MRT alias (Manggarai Ruwet Transit) -____-

Nahh lo, ini gw kapan ceritanya yaaaa, hahaha … udah capek ngetik duluan ..
Jujur yaaa, gw sangat berterima kasih lo, ada gerbong khusus wanita, jadi gak kecampur aduk deh sama kaum laki-laki yang rata-rata pasukan barbar .., kenapa gw bilang gituu .. karena laki-laki itu pasti yaaa (yang kerja kantoran) pake sepatu pantofel, tas polo yg digemblok di depan, gedenya gak karuan, keras pulaaa .. nah sedangkan gw, Cuma pake sandal jepit ato gak flat shoes (yakali gw naik KRL pake heels, bias copot nih betis haha), tas juga Cuma tas selempang ato gak tas tenteng itu .. kebayang dong pas rebutan naik, kaki gw keinjek , badan ke dorong-dorong pulaaa, belom lagi kalo sikutnya ikutan maen, heuuhhh.. udah di dalem aja yaaa, karena mereka tinggi-tinggi nah gw kurang tinggi, udah aja gitu O2 di sedot mereka semua, sesak napas asliiii …

Emang sih kalo ngomongin KRL gada abisnya, entah udah berapa kali gw ngoceh-ngoceh di twitter, tetep aja selalu ngeselin .. (hehe udah tau ngeselin masih naik jugaa yee, abis gmana dong gada opsi lain sih) ..
Paling apess kalo dapet mojok deket pintu, udah dehh jadi dendengg, mejrettt gitu ditiban tiban sama yang belakang .. pas mau keluar, karena gw  depan pintu yaa resiko nyungsep lebih besar, why??? Karena orang-orang belakang itu pada gak sabaran, pintu belom dibuka aja udah dorong-dorong, jangankan pintu dibuka deh, kereta belom berhenti aja udah dorong-dorong.. pada mikir gak sihh gw nya terlalu nempel dipintu trus tau-tau pas kebuka gw bakal gimana ?? huhu … belom lagi ntar yang mau naik pada mau rebutan masuk .. haduhh emang mesti tahan banting dehhh …

Lari-larian di peron, nyebrang2 ngasal di rel, itu juga jadi hal yang wajib, apalagi pas mau transit di manggarai, begitu udah keluar dr comline tanah abang di jalur 5, ituu comline jur bekasi udah ngetem di jalur 2, berapa rel yang gw sebrangin ???? dan kecerobohan gw tentu yang lainnya juga, pas nyebrang rel tuh kita gak liat kanan kiri, karena mata sudah tertuju ke satu tujuan yaitu comline bekasi jalur 2.. suka ngeri emang kalo pas lagi nyebrang gak ngeh gitu tiba-tiba lewat kereta jarak jauh yang melintas langsung .. huuu amit amit naudzubillah .. makanya di tiap jalur pasti ada satgas yang jagain di perlintasan, tujuannya ya itu, ngasih tau kalo ada kereta lewat ..

Tapi emang suka ngeselin sihh, kalo comline pindah2 jalur .. sebagai contoh di stasiun tanah abang .. kalo gak salah ada 6 apa 7 jalur gitu deh .. bentuk dari stasiun tanah abang itu bertingkat, jadi loket tiket, pintu masuk ada di lantai 2, nah peronnya di lantai bawah, karena bertingkat gitu, tangga jalur juga bakalan beda/misah .. jadi tangga yg kanan buat jalur 2 dan 3, nahh tangga berikutnya buat jalur 4 dan 5, dst .. ini ceritanya pas musim mudik lebaran kemaren ..behh stasiun yang biasanya udah crowded, ini jadi tambah crowded lagi, gara-gara banyak penumpang kereta jawa udah Menuhin peron aja dengan bawaannya yang segambreng, padahal mah keretanya masih dimana tauu -____-. Jadi susah lohh, menganggu para pengguna KRL .. gw biasa naik comline jur depok jam 16.34 .. dan biasa pula naiknya di jalur 3 .. udah anteng-anteng mejeng nunggu di peron jalur 3, tiba-tiba ada announce kalo comline depok pindah ke jalur 5, beuhh kompak aja pd balapan lari, lewatin tangga pindah ke jalur 5 .. yaa kalo mau cepet dan gak cape muter naik tangga sih, loncat aja dari peron, tapi gw mah ogahhh .. ntar bias turun gabisa naik lagi haha …

Hmm udah ahh segitu aja, kalo ngomongin commline mahh bias gak kelar-kelar, jadi novel juga bisa kali, haha..




Ini btw, gw kagak jadi cerita yaaa, hahaha…

Aduhhh, gak berasa udah jam makan siang nihh, eike dah capek ngetiknya, mau lanjutin kerjaan lagi .. nanti-nanti lagi deh disambung kalo malesnya gak kumat hohho

Oia, semua info diatas, CMIIW yaaa .. ^^

2 komentar: